Monday, April 1, 2019

Loji Kebon Gedung Agung SD Ngupasan I

Loji Kebon Gedung Agung SD Ngupasan I
SD Ngupasan I pada awalnya adalah bagian dari Loji Kebon ( Gedung Agung ) yang digunakan untuk sekolah bagi gadis-gadis Eropa pada tahun 1912. Sekolah itu dikenal dengan nama Iste Europeesche Meisjes School.

Selanjutnya, tahun 1930 sekolah itu dihapus. Gedungnya kemudian digunakan untuk Sekolah Dasar Pertama Ambon atau Iste Europeesche Lagere Ambongsche hingga 1942.

Gedung ini Sejak tahun 1950 digunakan sebagai Sekolah Dasar Ngupasan I dan II hingga sekarang. Bangunan peninggalan Belanda ini berdenah persegi panjang, menghadap ke selatan, mempunyai beberapa ruang kelas dan ruang kantor. Atap berbentuk limasan dengan bahan genteng. Bangunan terkesan rendah karena atap dengan teras menjadi satu.


Bangunan ini telah ditetapkan sebagai Cagar Budaya melalui Per.Men Budpar RI No. PM25/PW.007/MKP/2007




 Foto by. Kangmas Joyo Riwan
#kerabatkelilingjogja #BPCBDIY

Teras bagian depan di sisi atas berhiasan geometric dan mempunyai ventilasi udara. Pintu dan jendela terbuat dari kayu pada bagian bawah dan kaca bagian atas. Di atas pintu terdapat ventilasi udara. Di samping itu terdapat dua jendela kaca berteralis dengan ukuran tinggi dan lebar. Semua kelas bentuk dan modelnya sama. Dinding tembok dan dinding bagian bawah menggunakan keramik warna biru. Bangunan ini belum banyak mengalami perubahan. SD Ngupasan terletak di Jalan Reksobayan, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta.

No comments:

Post a Comment